Banyak cara mencegah diri dari penyakit diabetes. Nah, salah satunya dengan menjaga asupan makanan. Salah satu cara yang simple untuk mencegah diabetes.

Dikutip Womansday, Rabu 3 Febuari 2016 ada menu yang cocok untuk menjaga kesehatan tubuh dan terhindar dari diabetes. Berikut diantaranya:
Baca Juga :
Sarapan

Konsumsi buah aprikot segar dengan setengah cangkir walnut oatmeal. Kemudian tambahkan tiga sendok makan kenari cincang dan dua sendok makan aprikot kering. Kombinasikan dengan setengah cangkir susu kedelai tanpa lemak. Sajikan selagi hangat.

Makan Siang

Tiga iris daging ayam dipotong dengan bentuk dadu. Ditambah satu buah paprika yang telah dipanggang. Kemudian tambahkan seperempat cangkir arugula atau daun roket.

Setelah itu tambahkan dua sendok teh minyak zaitun dan dua sendok teh cuka balsamic. Kombinasikan juga dengan gandum semakin menambah tenaga di siang hari.

Untuk camilan bisa mengonsumsi smoothies pisang yang dicampurkan dengan setengah cangkir susu kedelai tanpa lemak. Kemudian tambahkan sejumput kayu manis dan seperempat cangkir es. Atau bisa juga dengan mengonsumsi setengah cangkir kopi.

Makan Malam

Pilih daging merah yang ditambahkan kacang polong dan setengah cangkir kuah kaldu ayam rendah lemak dan sodium. Tambahkan juga dua sendok teh minyak zaitun dan satu sendok teh kari bubuk. Kemudian aduk dan tambahkan setengah cangkir kacang dan sajikan selagi panas.


Untuk mencegah penyakit diabetes, dapat juga mengonsumsi beberapa makanan berikut ini, yaitu:

1. Kacang

Makanan sumber serat dan protein ini dapat membantu mengurangi risiko diabetes tipe dua. Sebaiknya konsumsi setengah cangkir atau dua sendok makan setiap harinya.

2. Kopi

Mengonsumsi tiga cangkir kopi dapat juga mencegah diabetes sebesar 34 persen. Antioksidan yang kuat membantu insulin bekerja baik di dalam tubuh.

3. Minyak Zaitun

Penelitian terbaru mengatakan nutrisi dalam minyak zaitun dapat memerangi peradangan penyebab diabetes. Dengan mengonsumsi makanan yang diolah menggunakan minyak zaitun dapat menurunkan diabetes karena rendah lemak.

4. Kacang Kenari

Kandungan lemak tak jenuh dapat membantu insulin bekerja baik di dalam tubuh, dan efisien mengurangi diabetes. Konsumsi dua ons kenari setiap minggunya dapat mengurangi risiko diabetes tipe dua sebesar 24 persen.

Kacang kenari juga dapat dikonsumsi dengan campuran irisan stroberi dan dua sendok makan yoghurt tanpa lemak.

Sumber : http://www.dream.co.id/fresh/cegah-diabetes-dengan-menu-ini-1602022.html