5 Tips agar anak bisa mengontrol kemarahan dengan lebih baik | Sebagai orang tua, Anda perlu belajar bagaimana mengendalikan kemarahan anak. Jika Anda mengajarkan mereka cara yang lebih baik untuk mengekspresikan kemarahan mereka, anak Anda akan belajar untuk mengontrol kemarahannya. Nah, berikut adalah beberapa cara untuk membuat Anda bisa mengendalikan kemarahannya. 

Baca Juga :
1. Tidak menyakiti siapa pun
Langkah pertama adalah memberitahu anak untuk tidak menyakiti siapa pun ketika dia marah. Marah itu wajar, tetapi bagaimana seseorang bisa mengendalikan dan belajar dari kemarahan itu bukan hal yang mudah. Katakan padanya bahwa ketika dia marah, dia tidak memiliki hak untuk menyakiti orang lain.

2. Jangan menyakiti diri sendiri
Beberapa orang memiliki kecenderungan untuk melukai diri sendiri ketika marah. Ini sangat tidak dianjurkan. Karena itu, Anda perlu mengajarkan kepada anak Anda bahwa mereka tidak dibenarkan untuk menyakiti dirinya ketika dia marah. Beritahu anak Anda bahwa menyakiti diri sendiri adalah kebiasaan buruk.

3. Jangan merusak sesuatu
Ketika seseorang marah, dia mungkin merasa seperti ingin menghancurkan sesuatu di sekitarnya. Ini bukan kebiasaan yang baik. Jika Anda melihat kecenderungan tersebut pada anak Anda, katakan padanya bahwa ada cara lain yang lebih damai untuk melampiaskan kemarahannya.

4. Menarik napas dalam
Langkah pertama yang dapat dilakukan untuk menenangkan kemarahan adalah bernapas dalam-dalam ketika sedang marah. Ajarkan pada anak Anda bagaimana menarik napas dalam ketika marah.

5. Bicara terbuka
Ajarkan anak bagaimana mengekspresikan keluhan dengan lebih baik. Bukan dengan melemparkan sesuatu atau berteriak kepada orang dewasa.

Inilah lima cara untuk membuat Anda bisa mengendalikan kemarahannya.